Wednesday, November 7, 2012


Saya mau Curhat tentang distro linux yang sudah saya pakai :D hehe. Saya pengguna baru linux, meskipun saya memakai linux setahun yang lalu tetapi keseharian yang digunakan adalah windows. Tetapi Mulai Bulan maret 2012 linux sudah menemani keseharian saya, Windows sudah dibungkus di virtualbox saja. Dan distro linux yang pernah saya cicipi adalah Ubuntu, Backtrack, Linux Mint Debian Edition dan yang terakhir adalah fedora 17.

Ubuntu

Ubuntu merupakan distro linux yang pertama kali saya gunakan. Waktu itu masih dual boot dengan windows. Ketika install untuk melakukan dual boot terjadi kesalahan yang menyebabkan data saya hilang karena partisi windows terhapus dan mengharuskan untuk partisi ulang. Mau tidak mau harus merelakan :D.
Setelah sukses install Ubuntu, saya update dan install banyak aplikasi,  Ubuntu ku pun terasa lengkap. Akan tetapi setelah update yang memakan waktu yang cukup lama dan ternyata jarang digunakan Saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan si windows

Kenapa jarang dengan Ubuntu???

Jarang main ke rumah ubuntu dikarenakan saya ini masih kecanduan game online seperti Perfect World, Ko2World, Dragon Nest. Karena lepi satu2nya yang saya cintai ini takut rusak karena kepanasan. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Linux tanpa dual boot, untuk menghindari bermain Game Online lagi. Tapi tidak kembali pada ubuntu karena saya ingin mencoba yang linux yang lain.

Backtrack

Install full linux tanpa dual boot saya memilih Backtrack untuk menemani hari-hari berkeliling di dunia maya. Yaps Backtrack 5r2 yang saya pakai ternyata basis nya Ubuntu. Jadi agak familiar menggunakannya.
Backtrack sendiri di khususkan untuk Penetration Testing, Untuk mencari celah-celah keamanan. Tools untuk hacking disediakan lengkap oleh backtrack. Cara instalasi OS dan tutorial menggunakan tool-tool hacking di backtrack saya temukan di forum http://indonesianbacktrack.or.id/. Ternyata memang benar, untuk yg baru migrasi ke linux, pilih yang banyak komunitas nya sehingga pada saat ada masalah bisa ditanyakan ke komunitas.
Setelah 2 bulan menggunakan backtrack saya mulai berpikir, Backtrack banyak toolnya tapi tak satupun saya mencoba untuk menggunakannya :D. Akhirnya berpikiran untuk pindah ke distro yang lain.

Linux Mint Debian Edition

Pilihan Jatuh pada Linux Mint Debian Edition. Yaps tidak mengalami masalah saat install, tidak perlu partisi ulang. Karena dulu pas install backtrack, saya buat partisi sendiri untuk folder /home . Jadi data-data aman dan tidak terhapus. Linux Mint sendiri basisnya ubuntu, sedangkan Linux Mint Debian Edition Basis nya basisnya adalah debian langsung. Katanya sih hanya bisa install dari paket milik debian.
Untuk Pemula sama seperti saya yang baru menggunakan linux, disarankan untuk menggunakan distro yang satu ini karena selain mudah digunakan paket instalasi bawaan lumayan lengkap, Video bisa kita mainkan secara langsung tanpa install codecs terlebih dahulu.
Saya suka pada tampilan desktop LMDE ini apalagi cinnamon. Tapi terkadang kedip2 seperti refres untuk beberapa detik dan terjadi terus2an, Jadinya yang sering saya pakai adalah tampilan desktop MATE.

Fedora

Sebenarnya ingin menunggu Fedora 18 release, tapi masih Desember release nya. Karena tidak sabar untuk bergabung dengan geng topi merah ini saya mencoba Download. Setelah menunggu download selama 3 hari, akhirnya pada tanggal 25 oktober 2012 resmi menjadi anggota geng topi merah alias "Red Hat".
Kenapa pindah dari LMDE ke Fedora??
Untuk booting LMDE lumayan lama, saya pikir dengan pindah ke fedora tidak akan lama pada saat booting ternyata sama saja. Kabarnya itu dikarenakan versi kernel yang sekarang memang seperti itu, Terdapat detector stall entah apa itu saya tidak begitu tahu :D.
Ada yang menarik dari fedora ini, tau gak?? Sang Pencipta linux memakai distro yang satu ini loooohhhh.. intip ajah disini


Selama menggunakan linux ternyata masih belum sepenuh nya lepas dari windows, karena Masalah yang belum terpecahkan adalah mengirim dan menerima sms(cdma) dari linux ini. Saya coba menggunakan gammu, wammu dan gnome-phone-manager ternyatak tidak berhasil, Ketiga2 nya tidak bisa digunakan untuk CDMA, hanya GSM saja yang bisa.
Kenapa saya membutuhkan mengirim dan menerima sms?? Yaps untuk daftar paket bulanan modem yang saya pakai. Saya akali dengan install windows di virtualbox, yang kata temen saya aneh dan kebalik, karena biasanya linux yang di install di virtualbox. :D

Jadi alasan utama saya migrasi dari windows ke linux adalah untuk menghindari bermain game online yang berat2, cukup solitaire untuk mengurangi rasa bosan :D.

Bagaimana dengan kamu?? Apa alasan kamu menggunakan Linux??

Kenapa linux?? kenapa harus menggunakan linux??
Berikut ini mungkin beberapa alasan mengapa kita harus pindah ke linux.

http://masyhury.web.id/2011/02/alasan-mengapa-kita-harus-pindah-ke-linux/



Dan yang mau pindah ke linux dan ingin memakai linux yang familiar dg windows. Bisa di cek disini:

http://itcompareblogs.wordpress.com/2012/10/09/distro-linux-yang-familiar-untuk-migrasi-dari-windows/

Categories:

0 comments:

Post a Comment